4 Wilayah di Nusa Tenggara Timur Berpotensi Cuaca Ekstrem, Terjadi Angin Kencang Kering

- 25 Mei 2024, 20:30 WIB
Ilustrasi angin kencang.
Ilustrasi angin kencang. /Reuters/Carlo Allegri/

Realitasttu.com - Sebanyak 4 (empat) wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dikabarkan berpotensi mengalami cuaca ekstrem. 

Cuca ekstrem ini dikatakan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas Dua El Tari, Kupang Nusa Tenggara Timur. 

Empat wilayah yang berpotensi cuaca ekstrem berupa angin kencang itu yakni, Wilayah Timor, Wilayah Rote Ndao, Pulau Sabu Raijua, dan Sebagian Pulau Sumba. 

Baca Juga: BMKG Pringatan Dini, Wilayah Ini Masuk Kategori Waspada Hingga Ancaman Kekeringan

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II El Tari Kupang, Sti Nenotek mengatakan, cuaca ekstrem angin kencang terjadi di wilayah yang posisinya lebih dekat Benua Australia yaitu Pulau Timor, Pulau Rote Ndao, Pulau Sabu Raijua, dan sebagian Pulau Sumba. 

Ia mengungkapkan terjadinya angin kencang ini merupakan salah satu karakteristik musim kemarau. 

"Secara umum sebagian wilayah NTT telah memasuki awal musim kemarau dengan pertumbuhan awan yang mulai menurun dan angin monsun timur yang sudah mulai aktif," ungkap Sti Nenotek pada Jumat, 24 Mei 2024 dikutip dari Kupang Berita. 

Baca Juga: Dua Orang Tersangka Pengeroyokan di Desa Humusu Wini Berhasil Diamankan Polsek Insana Utara

Atas cuaca ekstrem itu, pihak BMKG meminta kepada masyarakat terutama yang berada di wilayah tersebut agar tetap waspada angin yang bersifat kering pada musim kemarau. 

Halaman:

Editor: Alfridus Ciompah

Sumber: Kupang Berita


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah