Rasa Tubuh Tidak Nyaman Akibat Kebanyakan Makan Saat Lebaran, Atasi dengan Beberapa Cara Dibawah Ini

- 12 April 2024, 18:03 WIB
Ilustrasi Makan/Pixabay
Ilustrasi Makan/Pixabay /

Realitasttu.com - Sajian khas yang lezat tentu banyak di hari lebaran, dimana kebanyakan orang cenderung berlebihan makan pada momen kemenangan umat Islam ini.

Meski demikian, kelebihan makan bisa menimbulkan efek yang kurang baik bagi tubuh, misalnya menyebabkan rasa tidak nyaman seperti refluks asam, kembung serta bergas.

Untuk itu jagalah pola makan, agar tubuh selalu terhindar dari gangguan kesehatan.

Baca Juga: Polri Buka Pendaftaran Bintara Gelombang II Dengan Kuota 12.800, Ini Persyaratan dan Link Pendaftarannya

"Rasa tidak nyaman dari makan berlebih ini biasanya baru mulai terasa membaik sekitar beberapa jam kemudian," tulis Cleveland Clinic melalui laman resminya yang dikutip PMJ News pada Jumat, 12 April 2024.

Bila sudah telanjur, Cleveland Clinic menyarakan beberapa hal yang bisa membantu meringankan keluhan-keluhan tersebut di antaranya :

1. Jalan Santai

Meski sedang merasa tak nyaman, coba lakukan jalan kaki santai. Jalan kaki dapat membantu menstimulasi pencernaan dan bahkan menurunkan kadar gula darah yang melonjak akibat makan berlebih.

Bersepeda santai juga bisa menjadi alternatif lain yang dapat membantu. Akan tetapi, jangan melakukannya terlalu intens. Aktivitas fisik yang terlalu berat justru dapat membuat aliran darah lebih berpusat pada kaki daripada perut, sehingga proses pencernaan akan melambat.

Halaman:

Editor: Agustinus Abatan

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah